Tuesday, January 9, 2024

Analisis Penyebab Gempa Bumi Sumedang


Gempa mengguncang Kabupaten Sumedang, Jawa Barat dengan Magnitudo 4,8M.( X media @infoBMKG)
(Sumber: Gempa mengguncang Kabupaten Sumedang, Jawa Barat dengan Magnitudo 4,8M.(X media @infoBMKG))

SUMEDANG, RUANG BERITA - Gempa bumi berkekuatan 4,8 magnitudo yang bertitik di Sumedang, Jawa Barat terjadi secara berulang selama 2 hari.  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan bahwa pusat gempa terletak di darat pada koordinat 107,94 BT dan 6,85 LS, berjarak sekitar 1,5 km Timur Kota Sumedang, Provinsi Jawa Barat. 

Muhammad Wafid selaku Kepala Badan Kementerian ESDM menyebutkan bahwa lokasi pusat gempa bumi terletak di darat  di wilayah Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat dengan morfologi daerah di sekitarnya merupakan dataran tinggi dataran bergelombang, setempat Lembah, perbukitan bergelombang hingga perbukitan terjal. Setelah ditelusuri kembali oleh Badan Geologi (BG) daerah Sumedang, wilayah ini tersusun oleh endapan kuarter berupa batuan rombakan gunung api dan endapan danau.  

Mengenai penyebab gempa bumi,  Muhammad Wafid menjelaskan bahwa berdasarkan posisi lokasi pusat gempa dan kedalaman dari data BMKG, peristiwa ini diperkirakan terjadi akibat adanya aktivitas sesar aktif yaitu Sesar Cileunyi – Tanjungsari. Menurutnya, kejadian ini diyakini tidak menyebabkan tsunami karena pusat gempa yang terjadi di darat. Namun, kerusakan akibat gempa bumi ini dirasakan oleh warga Kampung Babakan Hurip, Kelurahan Kotakaler, Kampung Rancapurut, Desa Rancamulya, Kecamatan Sumedang Utara, dan Kecamatan Sumedang Selatan dengan retakan bangunan rumah mereka.

Selanjutnya, Wafid meminta masyarakat untuk tetap tenang, mengikuti arahan serta informasi dari petugas BPBD setempat, tetap waspada dengan kejadian gempa bumi susulan, dan jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa ini. 



This entry was posted in :

0 comments:

Post a Comment